Vainglory Review

Satu lagi game ber-genre MOBA yang sebelumnya lebih dulu hadir di iOS, kini hadir di Android. Seperti game sebelumnya yang memiliki genre yang sama, jika kalian suka dengan jenis game ini pasti kalian tidak akan asing dengan gameplaynya. Kalo di PC ada Dota 2, League of Legends. Di versi mobile-pun ada game dengan genre yang sama. Salah satunya adalah Vainglory.

Screenshot_2015-08-11-21-33-41

Multiplayer online battle arena (MOBA), juga dikenal sebagai action real-time strategy (ARTS). Dalam game MOBA pemain mengontrol karakter tunggal dalam salah satu dari dua tim . Tujuannya adalah untuk menghancurkan bangunan utama tim lawan dengan bantuan dari unit yang dikendalikan komputer yang terus  spawned secara berkala di sepanjang jalur battle arena (atau lebih kenal lane). Karakter pemain biasanya memiliki berbagai kemampuan dan keuntungan yang dapat meningkat selama permainan dan memiliki kontribusi terhadap keseluruhan strategi tim. Sebuah fusi dari game action dan real- time strategy game , di dalam permainan MOBA pemain tidak membangun bangunan ataupun unit .

Grafis

Kesan pertama saat saya mencoba game ini adalah… geleng-geleng kepala. Ini game grafisnya… aduh… keren banget yak! Serius sob, aye ga  boong! suwer!! Vainglory merupakan salah satu game pelopor yang menggunakan developer kit Metal buatan Apple. Kit tersebut mengizinkan para developer untuk membawa detail grafis yang sangat tajam tanpa harus mengorbankan performa game, dan itu pula yang dilakukan oleh Super Evil Megacorp sebagai developer Vainglory.

Screenshot_2015-08-11-21-45-46

Saking kerennya grafis game ini, Apple secara khusus langsung memberikan kesempatan developernya untuk “Show Off” di acara peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6s.

 

Gameplay

Kamu akan berperan sebagai hero di dalam tim yang terdiri dari tiga orang. Masing-masing orang akan mengendalikan seorang hero yang bahu-membahu menghadapi tim lawan. Setiap hero memilikiskill dan karakteristik yang berbeda, sehingga diperlukan strategi dan koordinasi untuk dapat menyelesaikan objektif dengan efektif.

characters

Tidak hanya tim lawan, kamu juga akan menghadapi berbagai rintangan yang menghadangmu untuk menghancurkan Vain Crystal. Rintangan yang ada antara lain prajurit Minion dan turret. Untungnya kamu bisa membeli berbagai item yang mampu membuat kekuatanmu berlipat ganda serta menambal kelemahan yang ada.

Berbeda dengan MOBA di pc yang kebanyakan menggunakan 3 lane, di Vainglory kalian hanya akan mendapati sebuah lane, namun dengan area jungle yang lebih luas di bagian bawah.

Screenshot_2015-08-11-21-41-41

Sama halnya seperti Dota, setiap kita menyelesaikan sebuah match, kita akan mendapatkan Experience untuk meningkatkan level kita. Level dibutuhkan karena beberapa mode seperti Casual Match, Party, dll membutuhkan minimum level agar dapat dimainkan.

Screenshot_2015-08-11-21-30-27

 

Screenshot_2015-08-11-21-30-12

FREE TO PLAY. UNLIMITED PLAY

Kabar baik lain buat kamu adalah, ini adalah game FREE TO PLAY. UNLIMITED PLAY! Artinya, GRATIS dan TANPA BATAS. Kalo kebanyakan game Mobile membatasi playernya dengan sistem “Stamina”, maka di game ini kalian bebas main sepuasnya sampe mabok. Tapi jangan keterusan ya sob, ga baik. kasian hape nya ntar meledak lho :D.

Beberapa Hero yang seharusnya berbayarpun dibuat “GRATIS”. Tapi tidak setiap hari bisa dimainkan ya, melainkan dirotasi. Jadi hari ini Hero A yang kebuka, besok Hero B.

Screenshot_2015-08-11-21-33-07

Kontrol

Jika bermain MOBA di PC terasa RUMIT pada awal bermain, berbeda dengan game ini. Developery Vainglory menyesuaikan kontrol game ini untuk versi mobile.Menggunakan kontrol gerak full touch membuat game ini terasa tidak kaku. Respon touch juga terasa sangat baik. Terdapat bebrapa shortcut untuk menggunakan fungsi-fungsi seperti Skill, Potion, Shop, dll.

Screenshot_2015-08-11-21-47-41

 

Galeri

Indahnya Berbagi...

Good

  • Grafis aduhai
  • Touch control responsif
  • Free-to-play
  • Banyak pilihan hero

Bad

  • Butuh spesifikasi hape tinggi
  • Harus selalu terhubung internet
  • Ga bisa main LAN/Lokal

Summary

Memiliki grafis yang menawan benar-benar membuat game ini wajib untuk dicoba. Terutama untuk kalian pecinta game berjenis MOBA. Sistem free-to-play tanpa batas bisa membuat kamu kecanduan lupa waktu. Namun tingginya kualitas grafis harus dibayar dengan besarnya kebutuhan hardware.
10

Ajib Nemen!

Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p