Review Meizu M2 Note

Meizu, mungkin buat sebagian orang mendengar nama itu akan terdengar asing. Tapi tidak dengan para pecinta gadget. Karena sejatinya vendor yang satu ini sudah cukup lama malang melintang di dunia per-gadget-an. Tidak sedikit pula hape-hape keren yang sudah mereka buat. Sebut saja Meizu MX 3, MX 4, dll. hanya sajaaa, hape-hape tersebut kagak masuk Indonesia, jadi ga banyak orang tau.

Tapi kita ga akan bahas soal sejarah si Meizu koq sob. Singkat cerita, ini vendor masuk ke Indonesia dengan produk barunya yaitu Meizu M2 Note. Masih menggunakan konsep hape yang ramah di kantong, Meizu M2 Note siap menantang hape lain sekelas yang sudah lebih dulu masuk ke Indonesia. Sebut saja Lenovo A7000, Alcatel OneTouch Plus Flash, dll.

Kali ini saya akan bercerita pengalaman menggunakan Meizu M2 Note, yuk disimak sob

Desain

IMG_20150817_095906Begitu buka box, langsung lihat bagian depan M2 Note dalam hati ngomong “duh cakepnya”. Dan memang setelah dipegang saya akui, ini hape cakep sob :D. Sudut membulan membuat hape ini enak buat di pegang. Langsung deh inget sama salah satu hape buatan Apple, iPhone 5C. Tapi ingat ya sob, hape ini tidak mencontek, hanya terinspirasi ūüėÄ *mungkin*. Mengingat sekarang hampir semua bentuk ponsel-ponsel baru memang mirip semua.

Berbahan plastik glossy dan desain unibody membuat hape ini seperti MAGNET buat sidik jari. Minyak, sidik jari, kotoran, ingatan mantan, sangat mudah nempel. Tapi bukan masalah sih sob, toh ga terlalu kelihatan juga. Sebenarnya ada 2 pilihan warna untuk M2 Note, yaitu Putih dan Abu-abu. Hanya saja kebetulan saya pegang yang warna putih.

Posisi komponen-pun hampir bisa dibilang standar. Lubang earphone diatas, Micro USB Mic dan Speaker di bawah, Kamera dan Flash Dual Tone dibagian belakang. Hanya satu yang agak ganjel, yaitu peletakan tombol Power dan Volume yang ada di bagian kiri. Mungkin untuk orang yang Kidal (Pengguna Tangan Kiri) ini justru bagus, tapi tidak untuk yang terbiasa menggunakan tangan kanan. Karena butuh usaha ekstra untuk meraih tombol Power/Volume. Ditambah ukuran ponsel yang terbilang sedikit tidak bersahabat dengan tangan yang kecil nan imut seperti tangan saya. Selain posisinya yang tak lazim, menekan tombol Power/Volume juga membutuhkan ekstra kalori dan tenaga, karena terasa sedikit keras, terutama tombol power.

Pada bagian depan terdapat Layar (yaiyalah…), Speaker, Kamera depan, Sensor, Lampu Notifikasi LED, dan tombol HOME. Trus, ga ada tombol kapasitifnya? Ada sob, yaitu tuh nyatu dengan tombol fisik home. Aneh ya? menurut saya malah justru unik dan inovatif. Kenapa? ya karena kayaknya baru ponsel ini yang menerapkan tombol home seperti ini. Hemat tempat dan terlihat elegan. Jadi penggunaanya itu kalo di SENTUH¬†dia befungsi sebagai tombol BACK, dan kalo di TEKAN dia akan berfungsi sebagai tombol HOME.¬†Keren khan?

Layar

IMG_20150817_095925

Di sektor ini yang sedikit menarik sob. Hape¬†yang dibanderol dengan harga 1.999.000 Rupiah (Melalui Flash Sale lazada ya sob, ga tau deh kalo open sale) memiliki ukuran layar 5.5 inch berteknologi IGZO Display dengan resolusi FULLHD! Iya sob, FULLHD. Selain itu dengan kerapatan mencapai 403ppi bikin hape ini nyaman banget buat dipelototin seharian. Trus Meizu sendiri meng-klaim bahwa layar pada M2 Note ini low-power consumption yang artinya irit daya. Layar terlihat tajam dan jernih. Waktu saya coba melototin foto Raisa, itu rasanya kaya si mbak Raisa melototin balik kesaya… duhh senangnyaa….

Lirikan Matamu...

Lirikan Matamu…

 

Hardware

Berbekal processor Mediatek 6753 Octa-core 1.3 Ghz 64 Bit, GPU¬†Mali-T720MP3 dan RAM 2GB membuat hape ini secara sekilas bertenaga? Tapi apakah benar bertenaga? Ya…bisa iya bisa enggak sob. Untuk processor sendiri terlihat Meizu menurunkan kecepatannya dibanding jenis processor yang sama di hape merk lain. Mungkin ini dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi daya pada hape ini mengingat layar yang diusung Meizu M2 Note terbilang besar dan sudah pasti akan makan daya lebih banyak walau Meizu mengatakan layar ini berteknologi low-power consumption.

GPU yang bertugas mengolah grafis-pun nampaknya tidak dapat berbicara banyak. Terlihat sedikit NGOYO waktu menjalankan game-game yang membutuhkan kinerja GPU secara maksimal. Pada game Ashpalt 8 contohya, hape ini hanya sanggup bermain pada settingan medium. Untuk settingan high… no komen sob… *tepokjidat*

Untuk range harga 2 juta kurang dikit, hape ini tergolong memiliki fitur yang kumplit sob. Sebut aja sensor yang lengkap, multitouch hingga 10 titik, Notification LED, dan USB OTG dimana fitur-fitur tersebut nampaknya sulit ditemukan di hape lain di range harga yang sama.

Meizu M2 Note memiliki 2 pilihan internal memori, 16GB dan 32GB. Hanya saja yang dijual di Indonesia adalah varian 16GB. Jika merasa kurang lega, tenang! Slot MicroSD tersedia dan mendukung hingga 128GB ūüėÄ

Konektivitas di hape ini juga tergolong lengkap. Terdapat 2 buah slot pada sim tray hybrid dimana kita dapat menggunakan slot kedua untuk SIM (Dual Sim) atau Micro SD. Inget, ini kita harus pilih salah satu. Mau pake SIM atau pake MicroSD. Konektivitas standar yang lain juga sudah pasti tersedia seperti Bluetooth v4.0, A2DP, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan lain-lain. Hal yang menarik lagi adalah hape ini mendukung semua jenis koneksi LTE. Baik itu TD-LTE atau FDD-LTE. Dan ini artinyaa secara teori hape ini bisa pake kartu Bolt atau Smartfren. Tapi blum dicoba ya sob, ga ada salahnya dicoba nanti :D.

Beralih ke bagian baterai. M2 Note ditopang dengan baterai sebesar 3100 mAh. Tergolong besar ya. Tapi apakah irit? Hmmm bisa iya bisa enggak sob. Jadi murni tergantung pemakaian. Nah untuk masalah ini, Meizu memberikan opsi pada penggunaan baterai. Power-saving mode, Balance Mode, atau Performance Mode. Gunakan sesuai kebutuhan ya sob :D. Saat dicoba menggunakan Balance Mode, hape ini sanggup bertahan hampir 5.5 jam Screen On Time. Menurut sobat itu irit atau boros?

Ada satu kekurangan yang saya temukan di hape ini. Yaitu kualitas speaker yang… duh… gimana jelasinnya ya… saat diputar musik dengan volume maksimal terasa cempreng dan pecah.

Software

Pada bagian software, Meizu M2 Note dibekali dengan Flyme OS 4.5 yang merupakan hasil modifikasi dari Android Lolipop 5.1. Seperti tipikal ROM buatan negeri tirai bambu, FlymeOS juga hadir tanpa App Drawer. Cukup geser ke kiri dan kekanan kalian bisa meng-akses semua aplikasi.

Perpindahan setiap halaman pada OS ini terasa smooth. Walau banyak yang mengeluhkan soal Free RAM yang…. aduh, sisa seiprit/sedikit namun rasaranya tidak terlalu berpengaruh pada performanya.

Kekurangan pada sisi software adalah terbatasnya pilihan untuk pengguna diluar mainland/china. Misal, saat kita akan menginstall themes/tema baru, masih menggunakan bahasa Jet Lee / China. Selain itu juga banyak ditemui error pada google apps. Walau tidak semua mengalami, tapi beberapa teman mengeluhkan soal tidak bisanya singkronisasi kontak google. Semoga hal ini bisa cepat diperbaiki kedepan.

Trus saya akan bahas lagi soal ROOT. Di Meizu M2 Note, ROOT secara default diizinkan dan disediakan. Ga usah repot-repot pake custom recovery, ADB dan lain-lain. Cukup buat akun meizu, login, dan aktifkan ROOT. Simple khan?

Kamera

Meizu M2 Note dibekali dengan kamera belakang 13Mp dan kamera depan 5Mp. Kualitas gambar yang dihasilkan dari keduanya terbilang bagus. Warna cukup akurat walau terkadang kehilangan detail pada objek yang dekat. Kamera belakang dilengkapi Dual Tone LED Flash yang secara teori dapat membuat hasil jepretan memiliki warna yang lebih akurat terutama saat kondisi kurang cahaya

Pilihan pada menu kamera sendiri cukup lengkap, mulai dari mode Auto, Manual, Beauty, Panorama, Light field, Scan, hingga Slowmotion ada.

Kedua kamera pada hape ini juga sanggup merekam video hingga resolusi Full HD.

Price1.999.000
DisplayIGZO capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches (~72.8% screen-to-body ratio), 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
ProcessorMediatek MT6753
Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53
Mali-T720MP3
Ram2GB
Storage16GB with microSD, up to 64 GB
CameraPrimary : 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR, 1080p@30fps Videos
Secondary : 5 MP
ConnectivityWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP
GPS with A-GPS, GLONASS, Beidou
FM radio
USB microUSB v2.0, USB Host
NetworksGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
HSDPA 900 / 1900 / 2100
LTE
SoftwareAndroid OS, v5.1 (Lolipop) Flyme 4.5
BatteriesLi-Ion 3100 mAh

Lazada Indonesia

Indahnya Berbagi...
  • 233
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    233
    Shares

Good

  • Layar Cemerlang
  • Batere Awet
  • Kamera Bagus
  • Sensor Lengkap
  • Harga Bersahabat
  • Tombol Hybrid yang inovatif

Bad

  • GPU pas-pasan
  • Flyme OS boros RAM
  • Kualitas Speaker Buruk

Summary

Rasanya fitur yang ditawarkan oleh Meizu M2 Note berbanding terbalik dengan harganya. Meizu Seperti ingin menegaskan bahwa ponsel bagus tidak harus mahal, dan nampaknya mereka berhasil membuktikannya. Hanya saja kurangnya performa GPU membuat ponsel ini nampaknya kurang cocok buat yang suka bermain game.
8

Keren!

Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p