Guardian Hunter: SuperBrawlRPG Review

Action RPG rasa Dragon Nest

Dragon Nest adalah sebuah MMORPG fantasi bebas yang dikembangkan oleh Eyedentity. Permainan ini memakai sistem tempur non-target sehingga para pemainnya memegang kendali penuh atas setiap gerakan karakternya. Dragon Nestmeminta para pemainnya memutakhirkan karakternya dengan membuat tim dan berkelana ke sejumlah penjara bawah tanah.

Kira-kira begitu kata om wikipedia tentang game Dragon Nest. Tapi kita ga akan bahas game itu sekarang. Kita akan bahas sebuah game, mobile game berbasis android yang Gameplay-nya miriip sama Dragon Nest. Ya, game ini namanya Guardian Hunter: SuperBrawlRPG.

Game besutan NHN Entertainment Corp ini memiliki genre Action RPG. Yuk kita ulas lebih tuntas

Gameplay

Di game yang bisa kalian download DISINI, kita akan diberikan pilihan 3 karakter / hunter. Yaitu Warrior, Archer dan Sorceress. Ketiga karakter ini dapat kita mainkan semua. Kita diminta untuk meningkatkan kekuatan karakter yang kita mainkan dengan menaikkan levelnya. Untuk menaikkan level, kita harus menyelesaikan Dungeon yang sudah disediakan sesuai level yang kita inginkan. Keunikan game ini adalah kita diizinkan membawa 2 Guardian untuk membantu menyelesaikan Dungeon.

Screenshot_2015-08-03-15-57-15

Nah! Guardian di game ini BUANYAK SOB! Ada puluhan bahkan ratusan yang bisa kita koleksi. Mirip-mirip kaya pokemon gitu. Kita bisa Ajak hunting, naikin levelnya, trus di evolve / evolusi.

Guardian

Kalo di Pokemon, itu banyak sekali monster-monster yang bisa kita koleksi. Nah mirip juga kaya gitu, di Hunter Guardian, kita bisa mengkoleksi Guardian-guardian yang lucu dan imut (kaya saya :D). Guardian ini bisa kita dapetin dari Dungeon, atau beli di Shop. Tapi inget ya sob, beli di shop itu bersifat random. Kalo apes ya dapet Bintang 1, kalo hoki ya dapet bintang 6.

Screenshot_2015-08-03-13-06-45

Guardian ini yang akan nemenin kita saat nyelesaiin Dungeon. Selain menggunakan Guardian yang kita miliki, kita juga bisa ajak Guardian milik teman kita.

Screenshot_2015-08-03-16-00-02

Selain bisa dinaikin levelnya, Guardian kita juga bisa di upgrade atau bahasa game nya itu di tempa, dibikin ++. yaitu dengan cara di Training dengan Guardian yang levelnya sama. Misal Guardian bintang 4 di training pake Guardian bintang 4. Nanti jadinya Guardian binta 4 + 1, dan seterusnya.

Saat si Guardian levelnya mentok dan tingkat upgradenya mentok, kita bisa Evolve / evolusi Guardian tersebut jadi guardian yang lebih kuat.

Screenshot_2015-08-03-13-06-53

Kontrol

Ada 2 jenis kontrol di game ini. Mode manual, artinya kita harus menggerakkan karakter dan menyerang + melakukan skill secara manual. Tersedia 6 buah on screen button. Move Button, Attack Button, dan 4 buah skill shortcut button. Tidak lupa juga terdapat 2 buah shortcut untuk penggunaan Potion HP dan MP.

Selain mode manual, kamu juga bisa pake mode Auto. Udah tau khan ini fungsinya buat apa? Buat yang males gerakin karakternya, bhahahaha.

Screenshot_2015-08-03-16-02-44

Stamina

Layaknya beberapa game online di hape, Hunter Guardian juga menggunakan sistem Stamina untuk membatasi para pemain. Biar ga terlalu nyandu kali sob, makannya hanya dibatasi 5 Stamina. Dan stamina ini akan otomatis terisi setiap beberapa menit.

Screenshot_2015-07-28-02-26-44

Dungeon

Terdapat beberapa jenis dungeon, seperti Normal Dungeon, Gold Dungeon, Daily Dungeon, The Lair.

Normal Dungeon
selesaikan dungeon ini untuk meningkatkan level karakter kamu. Dari dungeon ini kita juga bisa mendapatkan random Guardian dan Eqipment. Jadi dungeon ini khusus untuk yang mau Grinding. Apa itu Grinding? Grinding bisa diartikan dengan melakukan kegiatan hunting secara terus menerus, dengan tujuan akhir : naik level. (atau biasanya disebut leveling juga). Ada 3 tingkat kesulitan dalam normal dungeon. Yaitu Normal, Hard, dan Elite. Sudah pasti Elite adalah tingkat kesulitan paling tinggi.

Gold Dungeon
Gold dungeon akan muncul setiap hari sabtu/minggu. Dungeon ini khusus untuk kamu yang mau Farming gold karena di dungeon ini akan memberikan gold yang jumlahnya lebih besar dibanding dungeon yang lain

Daily Dungeon
Ada 5 buah Daily Dungeon. Monday Dungeon, Tuesday Dungeon, Wednesday Dungeon, Thrusday Dungeon dan Friday Dungeon. Di dungeon ini kita akan mendapatkan beberapa Guardian yang dapat digunakan untuk keperluan Evolve / evolusi. Beda hari, beda juga jenis guardian yang bisa di dapatkan.

The Lair
Ini bisa disebut sebagai special guardian. Disini dungeon ini kita bisa dapetin Zombie yang dipakai untuk training Guardian kita. Semakin tinggi level The Lair, semakin tinggi jenis zombie yang kita dapetin, dan semakin besar exp yang diberikan oleh si Zombie tersebut.

Screenshot_2015-08-03-15-59-33

Screenshot_2015-08-03-13-09-58

Evolve / Evolusi

Selain meningkatkan kekuatan hunter, kita juga diwajibkan meningkatkan kekuatan para Guardian, yaitu dengan cara Evolve/Evolusi. Sebuah Guardian bisa di evolusi saat dia mencapai level maksimum dan tingkat upgrade maksimum (+4). Terdapat beberapa tingkat Guardian yang ditandai dengan bintang. Semakin banyak jumlah bintang sebuah guardian, semakin kuat juga dia. Kita butuh beberapa bahan untuk melakukan Evolusi. Bahan-bahannya bisa kita dapetin dari Daily Dungeon.

Screenshot_2015-08-03-13-06-53

Infinite Dungeon

Berbeda dengan keempat dungeon sebelumnya, di Infinite Dungeon, kita bisa berlomba-lomba mengejar ranking dengan player lain. Semakin tinggi ranking kita, semakin besar pula reward yang kita terima setiap minggunya.

Screenshot_2015-08-03-16-44-42Screenshot_2015-08-03-16-44-30

Guardian Arena

Merasa pasukan Guardian-mu kuat? Buktikan di Guardian Arena. Kita akan memilih 5 Guardian terbaik kita untuk bertarung melawan para Guardian pemain lain. Disini juga ada sistem ranking yang tentunya ada hadiah yang menarik setiap minggunya.

Screenshot_2015-08-03-16-48-35Screenshot_2015-08-03-16-46-26Screenshot_2015-08-03-16-46-53
Screenshot_2015-08-03-16-47-16

Boss Raid

Nah, setiap kita menyelesaikan Normal Dungeon Elite, secara random kita akan menemukan Boss Raid. Kalian diminta mengalahkan Boss Raid dengan 8 Guardian yang bisa kalian pilih. Boss Raid memiliki reward secara random. Mulai dari equip yang sakti, hingga raid points yang bisa kalian gunakan untuk beli Zombie atau Guardian bahan evolusi.

Screenshot_2015-08-03-16-51-25

Punya pertanyaan seputar Guardian Hunter? Tulis di kolom komen ya 😀

Guardian Hunter: SuperBrawlRPG
Guardian Hunter: SuperBrawlRPG
Developer: Trollgames
Price: Free+
Indahnya Berbagi...

Good

  • Karakternya lucu-lucu
  • Jumlah guardian sangat banyak
  • Grafis memukau
  • Tidak "Money Oriented"

Bad

  • Stamina dibatasi
  • Boros RAM

Summary

Dengan grafis yang ciamik dan gameplay yang asik membuat game ini sangat layak dimainkan untuk kalian para pecinta game RPG. Namun rakusnya konsumsi RAM membuat kalian yang memiliki hape dengan spesifikasi pas-pasan harus berfikir 2 kali untuk mencoba game ini
8

Keren!

Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p