Karena pertanyaan ini datang nyaris setiap hari, sepertinya lebih baik kami membuat list panduan belanja versi SobatHAPE. Jadi untuk sobat yang mau belanja smartphone baru di Bulan Agustus ini bisa pilih2 sesuai dengan range harga dan kebutuhan. Kalau ada sanak saudara yang mau belanja hape, tingga kasih link ini aja ya sob. Mari kita mulai dari budget yang paling kecil terlebih dahulu.

Dibawah 1jt

– Evercoss Genpro X <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Evercoss Genpro X

Evercoss GenPro X hadir dengan membawa kejutan, yaitu smartphone Android dengan fingerprint termurah yang masih masuk akal menurut kami. Biasanya hape harga segini berantakan bentuknya, tapi genpro X ini masih kelihatan ganteng. Atau setidaknya lebih ganteng dari hape macam Xiaomi Redmi 4A yang masih pake bodi plastik. Genpro X ini bodi belakangnya juga plastik sih, tapi frame nya logam dan tulisan Evercossnya juga dilapis crom. Jadi klo orang lihat ngga akan malu2in lah. RAM juga sudah 2GB, layar HD yang terbilang oke juga warnanya. Cuman harus sobat ingat bahwa kameranya ngga bagus (dimana ini wajar, hape harga segini ya begini kameranya) dan Baterainya yang akan butuh casan di tengah hari.

– Smartfren Andromax A <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Smartfren Andromax A

Dibandrol dengan harga 650rb rupiah, beli hape ini karena satu alasan. MURAH. Ngga ada alasan lain yang masuk akal agar sobat beli hape ini. Kartu di-lock pake smartfren doang dan hapenya juga sekenanya aja. Masih kami rekomendasikan karena dengan harga segitu bisa punya Android dan ada kameranya saja sudah merupakan suatu keajaiban

1jt hingga 2jt

– Xiaomi Redmi 4X <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Xiaomi Redmi 4X

Ketika ngomongin hape yang price to specification-nya paling bagus, susah untuk ngalahin Xiaomi. Redmi 4X ini turun harga jadi Rp 1.999.000,- yang semula ada di angka seratus ribu lebih mahal. Turunnya dikit karena saya juga ngga yakin bisa lebih murah daripada ini. Spesifikasinya paling tinggi (dibandingkan dengan merk lain) untuk setiap rupiah yang sobat keluarkan, desain ngga murahan, baterai tahan lama banget, hasil kamera masih diterima oleh rakyat warganet. Yang harus jadi perhatian sobat mungkin hanya tempat pembelian untuk mendapatkan unit yang bergaransi resmi. Maka baiknya klo mau beli hanya di outlet Erafone. (Bukan Sponsor, Sumpah)

– Xiaomi Redmi 4A <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Xiaomi Redmi 4A

Jika budget tidak sampai, ada versi lebih murahnya yaitu Redmi 4A. Masih dapet processor oke, RAM 2GB yang biasa aja sih klo ini dan memori internal besar yaitu 32GB. Kamera juga masih bisa diterima oleh standar sosial warganet. Yang harus jadi perhatian di sini adalah desain yang berasa murah. Jujur,kaya hape mainan, materialnya plastik dan yang paling parah adalah masih belum ada fingerprint sensor. Tapi klo sobat ngga masalah sama dua hal tersebut, Redmi 4A masih layak banget buat dimiliki.

– Advan G1 Pro <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Advan G1 Pro

Brand dalam negri yang cukup mengejutkan menurut kami. Dengan harga 1.799.000,- spesifikasi yang di dapatkan tergolong biasa aja, namun masih dalam kategori pantas dengan RAM 3GB dan memori internal lega 32GB. Nilai lebihnya ada di desain dan layar yang bahkan menurut kami lebih cantik daripada dua rekomendasi kami sebelumnya. Iya, lebih ganteng daripada Redmi 4A dan 4X sekalipun. Nah, tapi trade off nya ada beberapa seperti kamera yang berada di ambang batas standar kelayakan dan baterainya yang 2600mAh yang tergolong biasa. Tapi pilih hape itu sesuai dengan kebutuhan bukan? Ngga cuman spesifikasi aja. Jadi buat sobat yang mau hape dengan desain keren di range harga segini, G1 Pro pilihannya.

2jt hingga 3jt

-Xiaomi Redmi Note 4 <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Xiaomi Redmi Note 4

Lagi-lagi, klo ngomongin harga per spesifikasi, selalu Xiaomi yg ada di depan. Menggunakan processor yg bahkan dipake smartphone dengan harga dua kali lipatnya membuat Redmi Note 4 terlihat sangat value deal. Kameranya masih oke (walau tidak istimewa), baterai tahan lama, spesifikasi cukup, dan lain sebagainya. Sangat sulit untuk menemukan kekurangannya, keputusan untuk tidak beli smartphone ini mungkin hanya di preferensi pribadi saja. Klo sobat ngga mau hape berlayar besar, atau kurang suka sama User Interface MIUI nya, barulah jangan membeli hape ini. Oh iya satu lagi, belinya yg garansi resmi aja, biar hati nyaman dan tentram.

-Lenovo K6 Power <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Lenovo K6 Power

Secara spesifikasi memang hape ini identik dengan Redmi 4x. Tapi secara harga masuk di range yang sama dengan redmi note 4. Walau begitu, performa hape ini masuk kategori baik. DIperkuat dengan snapdragon 430, ram 3gb, internal storage sebesar 32gb dan baterai sebesar 4000mAh rasanya cukup biasa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Daya tahan hape ini juga cukup baik. Hal ini ga lepas dari peran android 7 nougat dan layar kinclong yang hanya 5 inch. Kamera yang beresolusi 13 + 8mp juga dapat menangkap objek dengan baik. Pertimbangan dalam beli hape ini adalah build quality yang agak kerasa sedikit “murahan”.

3jt hingga 4jt

– Coolpad Cool Dual <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Coolpad Cool Dual

Kami yakin ga banyak dari sobat yang tau tentang Brand Coolpad ini. Brand ini ga kalah TUA dibanding Brand-brand dari China lainnya seperti Huawei ZTE bahkan Xiaomi. Hape ini punya build quality yang solid dengan spesifikasi yang bisa diandalkan. Terutama dibagian kameranya yang punya setup satu lensa RGB dan satulagi lensa Monochrome. Dengan setup tersebut, Coolpad Cool Dual sanggup menangkap gambar yang baik dan tajam. Sayangnya, hape ini ga punya slot microSD yang tentu akan membuat kita berfikir untuk membelinya. serta layarnya yang “Bezelles ala-ala” yang bikin ga sedikit dari kalian jadi alergi. Jika kalian mencari hape di range harga 3jutaan dan mencari handphone dengan kamera yang mumpuni serta ga masalah dengan internal storage yang hanya 32gb tanpa adanya slot microSD, Coolpad Cool Dual bisa dijadikan pilihan.

4jt hingga 5jt

– Nubia M2 <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Nubia M2

Satu lagi hape yang mungkin sobat jarang dengar merknya, Nubia M2. Nubia kembali masuk ke indonesia secara resmi setelah beberapa tahun lalu menghilang seperti ditelan bumi. Satu hal yang paling menonjol dari hape ini adalah desainnya yang menurut saya superior. Perpaduan warna hitam merah dan emas bikin hape ini terlihat begitu berbeda. Dilengkapi dengan processor snapdragon 625, ram 4gb dan internal storage sebesar 64gb tentu sudah sangat mumpuni untuk diajak ngapain aja. Kamera di hape ini juga punya kualitas yang baik sob. Dengan fitur yang segambreng tentu membuat kita semakin bebas ber-eksplorasi. Satu hal yang harus sobat pertimbangkan sebelum membeli hape ini adalah, Nubia M2 masih sedikit abu-abu mengenai layanan purna jual dan service center.

-Lenovo P2 Turbo <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Lenovo P2 Turbo

Satu lagi rekomendasi kita di range harga 4 jutaan, Lenovo P2 Turbo. Hape ini juga bisa dibilang hampir punya segalanya. Spesifikasi yang oke dengan snapdragon 625, ram 4gb internal storage 32gb plus microsd slot. Serta baterai yang raksasa yaitu 5100 mAh. Disitu aja udah keliatan kalau hape ini akan punya daya tahan batre yang bisa di andalkan. Beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan saat membeli hape ini adalah kameranya yang sedikit terasa biasa aja dan bebannya yang berat dan desainnya yang gendut plus chubby.

5jt hingga 6jt

-Huawei P9 <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Huawei P9

Flagship tahun lalu ini turun harga menjadi harga yg sebenernya sih kami kasihan. Kasihan brand nya ngga bertahan aja. Namun di sisi lain jadi suatu keuntungan buat kita, para konsumen. Dengan harga 5,8jt. Sobat bisa dapetin hape dengan kamera juara. Dual camera huawei yg kerja sama dengan Leica ini mantab jhiwa pisan lah. Klo suka fotografi mobile dengan budget 5jt an kita sangat merekomendasikan. Cuman yg harus diperhatikan di sini adalah, klo beli ini pastikan bukan buat dijual kembali. Gunakan sampe mleduk. Karena harga jual kembalinya agak kurang meyakinkan. Tapi buat apa sobat jual hape yg desainnya cantik, kamera juara, baterai oke, RAM masih cukup (3GB), dan dibandrol dengan harga murah.

-Asus Zenfone Zoom S <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

ASUS Zenfone Zoom S

Hape ini rilis belum lama ini. Suksesor seri Zoom dari Asus ini terlihat lebih kalem dan langsing dibanding seri-seri zoom sebelumnya. Memiliki spesifikasi identik dengan Zenfone 3 dipadukan dengan daya tahan batre yang handal milik Zenfone Max series, maka seperti itulah gambaran singkat tentang hape ini. Selain performanya yang ngebut dan daya tahan baterainya yang juara, kamera di hape ini juga bisa dibilang adalah salah satu yang terbaik untuk range harga segini. Dengan setup kamera seperti iphone 7 plus, yaitu lensa wide + lensa tele bikin kamera di hape ini jelas bukan kamera asal. Performa ngebut, batre awet, kamera ciamik, bikin hape ini sulit dilawan sama kompetitor di range harga yang sama. Satu hal yang menurut saya kurang dari hape ini adalah desainnya yang keliatan gitu-gitu aja. Masih tetap dengan garis desain yang sama serta tombol kapasitif tanpa backlight. Hape hampir 6 juta ga punya backlight di tombol kapasitifnya tuh…. KENTANG BANGET!

6jt hingga 7jt

-Oppo F3 Plus <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

OPPO F3 Plus

Biar kata ini brand banyak banget hatersnya, tidak serta-merta membuat kami bilang kalau hape ini jelek. Bahkan kami berani merekomendasikan hape ini karena memang hape ini layak untuk kami rekomendasikan. Hapenya Raisa & Isyana ini punya hardware yang ga jelek. Snapdragon 653, ram 4gb dan internal storage 64gb cukup menjelaskan dimana posisi hape ini. Sayangnya layarnya berjenis IPS yang membuat daya tahan batrenya jadi lebih boros dibandingkan versi sebelumnya yang punya layar AMOLED. Jargon Selfie Expert di hape ini juga bukan tanpa alasan. Karena kualitas Selfie OPPO F3 Plus memang berada di level yang berbeda. Buat sobat yang kantongnya tebel dan ga peduli sama Nyinyiran fans merk sebelah, hape ini bisa sobat jadikan pilihan. Ingat, kami tidak merekomendasikan hape ini untuk kalian yang kere 🙂

-Motorola Z2 Play <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Motorola Moto Z2 Play

Merekomendasikan hape ini agak gimana gitu. Bukan karena hapenya jelek, tapi karena hape ini tuh “beda” dan mungkin pas nya buat sobat yg Anti-Mainstream. Klo hape di harga segini biasanya dikasih sesuatu hal yg unik seperti dual kamera di belakang (Asus Zenfone Zoom S), dual camera di depan (OPPO F3 Plus), si Z2 Play dikasih “blanko” kosong. Lebihnya, sobat bisa memilih si Z2 Play ini spesialnya mau di mana, mau baterenya gede (pasang mods batere), mau kameranya bisa zoom (pasang mods hasselblad), mau nambahin fitur wireless charging (pasang wireless charging mod nya) dan masih banyak lagi. Mods ini yang di sisi lain bisa jadi kelebihan tapi disaat yg bersamaan jadi kekurangan. Kurangnya… sobat kudu beli mod nya lagi untuk menikmatinya. Sehingga budget yg harus disiapkan jadi lebih tinggi. Jadi, buat sobat yg suka yg beda. Motorola Z2 Play adalah pilihan yg menarik.

Flagship

-LG G6 <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

LG G6

Hape ini kami rekomendasikan karena memberikan “Warna” yang berbeda dibandingkan flagship-flagship yang lain di range harga yang sama. Disaat brand-brand lain berbondong-bondong memasan setup dual kamera tele/zoom pada kamera belakangnya, si G6 ini justru pede memasang kamera wide di kamera belakang. Hasilnya? Tidak mengecewakan sob. Sangat kepake banget buat kalian yang memang hobi traveling dan sering mengabadikan foto landscape. Fitur yang mematikan yang ga dimiliki oleh brand lain juga turut disematkan oleh LG di hape ini. Sebut saja QUAD-DAC, yang membuat kualitas suara dari hape ini diatas rata-rata, dan sertifikasi standar militer yang bikin durability hape ini kembali diatas para kompetitornya. Sayangnya, kamera depannya terlalu medioker untuk ukuran sebuah hape flagship. Bahkan jika dibandingkan dengan hape 2 jutaan, LG G6 seperti terlihat sangat buruk. Jika kalian memang jarang selfie dan ga masalah dengan kualitas kamera depannya, hape ini cocok buat sobat.

-Samsung Galaxy S8 <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

Samsung Galaxy S8

Jikalau sobat mau main aman, Samsung Galaxy S8 adalah pilihannya. Semuanya komplit ada di hape ini mulai dari spesifikasi tinggi, desain kuereeeeen banget, kamera paling bagus di industri smartphone saat ini dan layanan after sales yang ada di mana2. Kalau budget bukan kendala, Samsung Galaxy S8 adalah pilihan yang tepat. Ada beberapa hal kecil sih tapi yang bikin saya sebel. Yaitu fingerprint sensor yang ngga simetris dan baterai yang biasa aja. Cuman melihat segala kelebihannya, beli smartphone ini tidak akan salah.

-iPhone 7 Plus <== Klik di sub judul model hape klo mau beli yah

iPhons 7 Plus

Belilah iPhone 7 Plus karena… ini iPhone.

Sekian rekomendasi kami. Kalau sekiranya rekomendasi ini membantu, mohon bantu sebarkan ke yang membutuhkan ya sob. Terima Kasih.

Indahnya Berbagi...
Sarjana teknik lingkungan yg jatuh cinta dengan dunia gadget. 10% penjaga rumah 20% kritikus makanan 70% geek