Dalam memilih ponsel pintar (smartphone), satu hal terpenting yang kini kerap menjadi pertimbangan utama adalah keberadaan kameranya. Untuk itu, Oppo dan Vivo mengeluarkan produk terbaru, yakni Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus. Dengan kamera terbaik, kedua ponsel berbasis Android ini mampu mengakomodasi kebutuhan Anda untuk mendapatkan gambar berkualitas.

Lalu, apa yang membedakan keduanya? Jika harus memilih, manakah yang lebih baik? Sebagai bahan pertimbangan, berikut uraian perbandingan antara Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus.

1. Kamera

Oppo F3 Plus mempunyai kamera utama beresolusi 16 megapiksel yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) sehingga mampu meredam getaran, khususnya pada saat minim cahaya. Sementara di bagian depan, Anda akan mendapati sebuah kamera 16 megapiksel dengan sudut pandang normal sekitar 76 derajat.

Ada juga satu kamera 8 megapiksel yang dilengkapi lensa ultra wide dengan sudut pandang mencapai 120 derajat sehingga cocok untuk swafoto bersama grup Anda (wefie). Dengan sudut yang tidak terlalu besar tersebut, objek foto tidak akan terdistorsi sehingga menjadikan ukurannya relatif sama. Dengan demikian, saat sedang berfoto bersama kelompok Anda, objek foto yang berada di posisi tepi tidak akan tampak besar atau melar.

Vivo V5 Plus juga memiliki kamera belakang sebesar 16 megapiksel. Sementara di bagian depan, terdapat dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 8 dan 20 megapiksel. Tidak mengherankan, besarnya resolusi pada kamera depan ponsel ini menjadikannya menyandang slogan (tagline) ‘Perfect Selfie’.

2. Dimensi dan Layar

Oppo F3 Plus memiliki ukuran yang lebih besar daripada Vivo V5 Plus, yakni 163,6 x 80,8 x 7,4 mm berbanding 152,6 x 74 x 7,3 mm. Sebanding dengan ukurannya, Oppo F3 Plus juga memiliki bobot yang lebih berat, yakni 185 gram, sedangkan Vivo V5 Plus hanya 153,6 gram. Dengan dimensi dan bobot yang lebih besar, Oppo F3 Plus juga memiliki layar yang lebih lebar, yakni 6 inci, sementara ukuran layar Vivo V5 Plus adalah 5,5 inci.

Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus menggunakan layar IPS dengan LCD capacitive sehingga menjadikan baterai memiliki daya tahan yang lebih lama. Soal kerapatan layar, Vivo V5 Plus memiliki resolusi yang lebih baik, yakni 401 ppi. Sementara pada Oppo F3 Plus, kerapatan layarnya adalah 367 ppi. Semakin besar kerapatan layar, gambar yang ditampilkan pun bisa semakin tajam sehingga mampu mendekati warna asli benda.

Sebagai pelindung layar, Oppo F3 Plus sudah menggunakan tipe Gorilla Glass 5, yang lebih kuat daripada tipe Gorilla Glass 4 pada Vivo V5 Plus. Gorilla Glass 5 dianggap mampu melindungi layar ponsel yang jatuh pada ketinggian 1,6 meter. Sementara itu, ketinggian maksimum ponsel jatuh dengan layar Gorilla Glass 4 adalah 1 meter.

3. Jaringan Dan Konvektivitas

Kedua ponsel kamera tersebut mampu bekerja dengan jaringan 4G, 3G, EDGE, maupun GPRS. Sementara itu, konektivitas pada Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus meliputi WiFi, GPS, Bluetooth, Mikro USB 2.0, dan USB OTG.

Kartu SIM yang digunakan kedua ponsel ini berbeda. Oppo F3 Plus menggunakan jenis kartu mikro, sedangkan kartu Vivo V5 Plus bertipe nano.

Jika menginginkan kartu berukuran mikro maupun nano dengan kuota yang besar serta konektivitas yang cepat, Anda sudah bisa mendapatkannya di kartu mentari indosat. Sementara jika ingin membeli paket data atau pulsa mentari dengan cara yang mudah, Anda bisa membelinya secara online melalui aplikasi pembelian pulsa, salah satunya di Traveloka.

Pulsa mentari yang tersedia di halaman Traveloka ditawarkan dengan harga yang murah serta proses transaksi yang mudah. Tanpa perlu keluar rumah, paket data dan pulsa mentari Anda telah terisi seketika.

4. Processor

Oppo F3 Plus tampaknya memiliki kualitas prosesor yang lebih baik dari Vivo V5 Plus. Meskipun sama-sama didukung oleh Android v6.0.1 Marsmallow, chipset Snapdragon yang digunakan oleh Oppo F3 Plus juga lebih mutakhir, yakni Snapdragon 653. Sementara itu, pada Vivo V5 Plus, Anda akan mendapati chipset dengan tipe Snapdragon 625. Untuk GPU-nya, Oppo F3 Plus sudah menggunakan tipe Adreno 510, sedangkan Vivo V5 Plus masih menggunakan Adreno 506.

5. Memori

Jika ingin memiliki banyak aplikasi, menyimpan banyak gambar atau video, Anda tidak perlu khawatir. Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus memiliki RAM yang cukup besar, yakni 4GB, serta memori internal mencapai 64 GB. Sementara jika ingin menambahkan memori eksternal, Anda bisa menyertakan mikro SD dengan ukuran sampai dengan 256 GB.

6. Sensor

Untuk keamanan, kedua ponsel tersebut sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari (finger print). Ada juga, beberapa sensor lain, seperti: accelerometer untuk mengukur getaran, proximity untuk mendeteksi benda di depan sensor, gyroscope untuk mempertahankan orientasi sudut pada layar ponsel, ambient light untuk mendeteksi banyaknya cahaya sekitar, serta kompas sebagai petunjuk mata angin pada ponsel.

7. Baterai

Baik Oppo F3 Plus maupun Vivo V5 Plus menggunakan baterai yang sulit dilepas (non-removable) dengan jenis Li-Ion. Namun jika dibandingkan ketahanannya, baterai pada Oppo F3 Plus memiliki daya tahan yang lebih panjang karena memiliki tipe Li-Ion 4000 mAh, sementara tipe baterai yang disematkan pada Vivo V5 Plus adalah Li-Ion 3160 mAh.

Dari hasil perbandingan kedua kamera ponsel tersebut, Anda tentu sudah mengetahui bahwa keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kebutuhan selfie, Vivo V5 Plus menawarkan ketajaman gambar yang lebih baik karena memiliki resolusi kamera depan yang mencapai 20 megapiksel. Namun jika menginginkan ponsel dengan daya tahan baterai yang lebih lama serta prosesor yang lebih baik, itu berarti Anda perlu memilih Oppo F3 Plus.

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p