Jika Apple punya App Store, maka Android punya Google Play Store dimana disini kita bisa download banyak aplikasi yang kita inginkan. Tentu buat kalian yang udah lama pake android pasti dah ga asing lagi sama Google Play Store karena pasti di pake setiap hari.

Tapi ceritanya akan lain kalo kita beli hape dari luar negeri terutama dari negeri china yang notabenenya disana tuh google ga boleh masuk. Alhasil hape-hape darisana kebanyakan ga ada Google Play Storenya. Cara paling gampang adalah dengan install manual si Google Play Store pake Google Service Installer. Tapi percaya atau tidak, Service yang sudah terinstall seringkali bermasalah dan crash.

Ada sebuah toko aplikasi alternatif bernama Aptoide. Sebenernya toko aplikasi ini udah lama banget, dari sekitar tahun 2011 kalo ga salah. Sejak pertamakali coba dulu, saya ga pernah pake lagi. Baru kemarin iseng nyoba lagi dan ternyata banyak sekali perubahan di Aptoide.

Secara umum sebenarnya punya fungsi yang sama dengan google play store. Disini kita bisa temuin banyak sekali aplikasi-aplikasi keren.

Tapi ada beberapa hal yang bahkan google playstore sendiri ga bisa lakuin sob. Misalnya kita bisa bikin toko/store sendiri dimana kita bisa bikin list aplikasi-aplikasi favorit kita.

Jadi followers kita bisa liat apa aja aplikasi favorit kita. Pemiliki toko/store bahkan bisa upload aplikasi sendiri menggunakan aplikasi Aptoide Uploader dari hape masing-masing untuk di share. Tapi tenang, Aptoide menjamin aplikasi yang terupload bebas virus dan malware.

Trus percaya atau tidak, update di Aptoide terasa lebih cepat. Di Play Store Google, dibagi menjadi banyak regional dimana setiap regional punya versi sendiri untuk aplikasi-aplikasi tersedia. Itu yang terkadang di indonesia belum mendapatkan update, sementara di luar negeri sudah mendapatkannya terlebih dahulu. Itulah knapa di Aptoide untuk urusan update terasa lebih cepat, karena setiap user bisa berbagi aplikasi di hape mereka.

Dan masih banyak lagi kelebihan Aptoide dibanding aplikasi toko konvensional yang bias akita gunakan. Oh iya, sudah banyak brand besar yang menjadi Partner & Developer di Aptoide lho, seperti Opera, Avast, Tencent, Aliexpress, dan lain-lain

Buat kalian yang mau coba Aptoide, bisa kalian download DISINI.

Semoga bermanfaat dan, adios…

 

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p