Belakangan banyak banget pertanyaan yang masuk ke kita. Pertanyaan paling banyak adalah “Beli di toko online ini aman ga sih?” “beli di toko online itu aman ga sih?”. Pertanyaan itu sih saya anggap wajar, karena memang ga semua orang sekarang ini melek teknologi.
Mereka yang terbiasa dengan beli barang secara offline pasti akan butuh waktu untuk bisa menerima sistem online ini. Banyak toko online yang ada di indonesia, dan dari sekian banyak toko online menerapkan sistem yang berbeda-beda dalam urusan pembayaran.
Ada yang pake sistem bayar dulu baru barang di kirim, atau ada juga yang ngasih opsi COD. Pertanyaannya adalah ngapain belanjan online kalo ujung-ujungnya COD juga? bhahahaha. Kecuali kalo COD nya di rumah kita, itu okelah.
Saya mau kasih beberapa tips buat sobat sebelum memilih toko online :
  1. Kenali dulu toko onlinenya
    Kenali dulu tokomu. Coba cari referensi di internet tentang si toko online ini. Apakah aman atau pernah tersangkut masalah. Dari sini kita bisa ambil kesimpulan apakah memang ini toko online bisa dipercaya atau tidak. Cara paling gampang adalah cari kolom testimoni / review. toko online yang bagus akan menyediakan kolom Feedback yang berupa testimoni atau review.
  2. Cek Pilihan Pembayaran
    Tiap toko online biasanya punya cara dan pilihan yang berbeda soal pembayaran. Ada yang hanya menerima transfer bank, ada juga yang menyediakan sistem pembarayan lain seperti Debit, Kartu Kredit, dll. Semakin banyak pilihan pembayaran, semakin mudah untuk kita sebagai calon konsumen.
  3. Kritis soal Harga
    Siapa sih yang ga mau beli barang dengan harga murah. Nah biasanya, toko online yang bagus itu ngasih harga yang Reasonable atau masuk akal. Masuk akal disini adalah tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Kalo ada toko online yang kasih harga murah banget bahkan jauh dibawah pasaran, jangan cepat percaya. Bisa jadi itu adalah modus penipuan atau mungkin barang yang dijual tidak asli alias palsu. Kalo harga barang terlalu mahal juga perlu kita waspadai. Karena biasanya ada buyer atau konsumen yang kadang ga ngeh pas mereka mau beli barang. Kadang mereka main beli aja tuh barang tanpa ngecek terlebih dahului barang apa yang mau mereka beli. Apakah itu harga yang standar atau malah harga yang jauh diatas standar.
  4. Pastikan Supportnya bagus
    toko online yang bagus adalah toko online yang menyediakan tempat untuk calon konsumen bertanya. Baik itu dalah bentuk Forum, Ticketings, atau live chat. Jadi buat calon pembeli, jika ada pertanyaan ataupun komplain bisa langsung tanya sama pihak penjual dalam hal ini adalah si toko online
  5. Promo yang Menarik
    Promosi adalah salah satu trik toko online untuk mendongkrak penjualannya. Ini saya anggap sebagai bentuk kasih sayang penjual kepada pembeli. Bhahhahaha. Semakin banyak toko online bikin promosi, semakin untuk konsumen dan semakin bahagia pula tentunya karena kita bisa lebih berhemat. Tapiiii!! jangan mudah percaya dengan yang namanya promosi atau diskon. Karena ada beberapa kasus soal diskon, itu tuh boongan. Bayangin aja! Barang yang normalnya harganya 100 ribu dijual 1 juta trus di diskon 90%. Lah atuh nipu namanya kalo gitu. Jadi pinter-pinter ya sob.
Oke itu beberapa tips dari saya untuk memilih toko online yang baik. Salah satu toko online yang saya suka adalah Blibli.com. Karena mereka rajin banget ngasih promo dan diskon, bhahahhaha. Maklum, #ReviewerKere. Kalo sobat? apa toko online favoritnya? Atau kalian punya tambahan tips buat yang lain? Tulis di kolom komentar ya 😀
Gitu aja curhat saya kali ini, semoga bermanfaat. Irwan undur diri dan… Adios!!
Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p