Kita udah sering banget dapet pertanyaan begini : “Gimana sih caranya belanja dari situs luar negeri?”. Sebenernya caranya tuh sama kaya kalo kita beli di toko online di indonesia kaya lazada, tokopedia, bukalapak, dan lain-lain. Yang membedakannya adalah cara bayarnya yang mungkin agak sedikit rumit bin ribet.

Hmmmm, ga ribet sih ya sebenernya kalo mau coba. Ada beberapa alasan knapa sih kita harus beli barang dari luar negeri?

  1. Barang lebih lengkap. Kadang ada beberapa barang seperti gadget keren bin murah yang ga masuk indonesia, jalan satu-satunya ya beli dari luar negeri.
  2. Harga lebih murah. Untuk beberapa kasus, beli di luar negeri itu bisa dapet harga lebih murah. Apalagi kalo belinya ga cuma satu, biasanya bisa murah banget.
  3. Kekinian. Contoh aja hape keluaran baru. Biasanya kalo hape keluaran baru, nongolnya duluan di web ecommerce luar negeri. Jadi kalo kamu mau kekinian banget soal gadget, ya silahkan beli dari luar negeri.

Tapi, ada juga kendala yang biasanya akan kita temuin kalo kita beli di ecommerce luar negeri.

  1. Waktu pengiriman lama. Biasanya kalo kita beli dengan pilihan Free Shipping, itu tuh biasanya barang akan sampe antara 2-4 minggu.
  2. Biaya pengiriman mahal. Nah, kalo kita pilih biaya pengiriman berbayar biasanya akan mahal. Misal kalo kita pilih shipping DHL, itu bisa kena biaya 100-200 ribu. Tapi dengan pilihan ini, barang akan lebih cepat sampai. Pengalaman saya sih barang akan sampai dalam waktu 3-7 hari.
  3. Kena pajak. Nah ini yang kadang suka bikin ga enak. Tapi sebagai warga negara yang baik ya harusnya kita memang harus bayar pajak. Biasanya paket-paket kiriman dari luar negeri yang harganya murah ga akan kena pajak. Itulah knapa banyak temen-temen yang pesen kepada penjual untuk menuliskan paket sebagai GIFT.

Oke, setelah ngoceh sana sini ga jelas, saya akan langsung ajarkan gimana caranya beli barang dari luar negeri. Sebenernya hampir semua toko online luar negeri cara belanjanya sama. Tapi saya akan ambil contoh salah satu ecommerce luar yang harganya murah-murah, yaitu tinydeal.com.

PERTAMA

Buka website tinydeal di http://www.tinydeal.com/

tinydeal.com

tinydeal.com

KEDUA

Login dengan aku yang sudah kamu buat. Kalo belum, silahkan daftar dulu, gampang koq. Buat yang ga ngerti bahasa inggris bisa pake google translate.

login / daftar dulu sob

login / daftar dulu sob

KETIGA

Silahkan menjelajah kedalam web tinydeal dan pilih barang yang kamu mau beli. Setelah ketemu, pencet tombol “Add To Chart”

Pilih barang yang mau dibeli

Pilih barang yang mau dibeli

Setelah ketemu, klik Add to chart

Setelah ketemu, klik Add to chart

KEEMPAT

Setelah itu, kamu akan langsung masuk ke “Shopping Chart” dimana disini kamu akan dikasih tau berapa total belanjaan kamu plus ongos kirimnya. Klik “Proceed to checkout” untuk langsung masuk ke pembayaran, atau “Continue Shopping” untuk lanjut belanja.

Proceed to checkout

Proceed to checkout

KELIMA

Nah, disini yang paling penting. Di langkah ini kamu akan diminta pilih metode pembayaran. Pilih metode pembayaran yang kamu mau .Jangan lupa untuk isikan alamat pengiriman barang / alamat rumahmua. Sebagai contoh, saya akan menggunakan metode pembayaran menggunakan Western Union yang mana metode ini paling mudah karena di indonesia, kirim uang pake Western Union bisa di lakukan di indomaret / alfamart terdekat.

Pilih western union

Pilih western union

Setelah semua selesai, klik tombol “Continue”

KEENAM

Setelah kamu pencet tombol “Continue”, artinya kamu sudah menyelesaikan proses pemesanan. Silahkan lakukan pembayaran dengan Western Union. Saat pembayaran diterima oleh tinydeal, maka pesanan kamu akan segera dikirimkan.

Bayar, dan tunggu barang sampe dirumah :D

Bayar, dan tunggu barang sampe dirumah 😀

Gimana? Gampang khan? Atau masih ngerasa ribet?

Kalo kamu mau lebih gampang, pake jasa beli. Lapak jasa beli ini bisa kita temuin di kaskus. Salah satunya adalah ini http://goo.gl/JH399u

Ataaauuuuu…. kalo mau lebih jelas, gabung sama grup facebook ini https://www.facebook.com/groups/1802212036731846/ . Itu grup yang dibuat sama orang tinydeal buat bantu sobat yang kesulitan dan mau dapetin diskon gede 😀

Demikian tutorial singkat belanja di luar negeri. Moga-moga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya sob.

Indahnya Berbagi...
  • 238
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    238
    Shares
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p