Pertanyaan ini sering banget muncul, karena banyak kasus hape sama tapi skor antutunya beda? Apa sih penyebabnya? Seberapa pentingkah skor tersebut?

Nah karena itulah mendadak saya pingin bahas soal ini. AnTuTu Benchmark adalah salah satu software benchmark populer yang sering digunakan untuk membuat standar “Seberapa Kencang-kah” sebuah hape.

 Cara kerja AnTuTu Benchmark sendiri adalah melakukan pengetesan… eh pengujian… eh apalah itu istilahnya terhadap beberapa sektor pada hape, seperti PROCESSOR(single core & milticore), GPU, RAM, STORAGE dan lain-lain. Nah, setiap poin-point tadi punya nilai masing-masing saat diuji. dan Setelah semua, nilai-nilai tersebut dijumlahkan. Itulah skor AnTuTu yang kalian lihat.

Pertanyaannya adalah… kenapa skor AnTuTu terkadang berbeda walau dicoba dengan hape yang tipenya sama? Oke saya bantu sedikit jelasin. Jawabannya adalah, karena kondisi setiap hape terkadang berbeda walau tipenya sama, terutama di beberapa poin pengujian yang AnTuTu lakukan tadi.

Contoh Kasus!  Si Irwan dan Mouldie punya hape yang sama tipenya. Tapi saat di coba jalanin AnTuTu Benchmark, hasilnya beda. Si Irwan dapet 50.000 sedangkan si Mouldie dapet 40.000. Nah, alasannya adalah MUNGKIN :

  1. si Irwan pake MicroSD Class 10 dan Mouldie pake MicroSD Class 4 yang mana sudah pasti Class 10 lebih cepat.
  2. si Irwan Internal Storage nya masih kosong, dan si Mouldie Internal Storage nya hampir penuh yang mana semakin banyak file pada storage, semakin lambat kinerja sebuah hape.
  3. si Irwan ga jalanin apa-apa di background, sedangkan si Mouldie jalanin banyak aplikasi di background.
  4. si Irwan hape nya lagi dingin, sedangkan si Mouldie hapenya panas abis di pake
  5. si Irwan ganteng, si Mouldie kurang ganteng
  6. si Irwan single, si Mouldie jomblo
  7. dan lain-lain

Beberapa poin diatas itu hanya perumpamaan ya. Jadi intinya, banyak faktor yang mempengaruhi skor AnTuTu pada hape kita. Jadi jangan kaget kalo terkadang walau kita punya hape yang tipenya sama, tapi skor AnTuTu nya bisa lebih gede atau bahkan lebih kecil dari hape lain dengan tipe yang sama.

Oke sekian dulu sharingnya semoga berguna, kalo ga berguna ya lupain aja. Anggap sobat ga abis baca apa-apa atau abis mimpi, bhahahhaha

Makasih udah nyempetin waktu baca artikel yang ga penting in, Irwan undur diri dan… Adios!

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p