Samsung Electronics dilaporkan akan membuat chipset yang dipakai pada Apple iPhone generasi terbaru. Kabarnya, chip Apple A9 akan diciptakan di pabrik Giheung Samsung di Korea Selatan.

Dilansir Ibtimes, Minggu (5/4/2015), Apple kabarnya memesan tambahan produksi chipset melalui partner Samsung, Globalfoundries. Tahun lalu, Samsung kehilangan kontrak untuk membuat chip iPhone dan iPad.

Apple lebih memilih Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Apple memilih TSMC untuk membuat prosesor aplikasi mobile A8 untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Perjanjian ini adalah hasil dari hubungan sengit antara Apple dan Samsung selama sengketa hukum di awal 2011. Samsung mengajukan gugatan terhadap Apple terkait pelanggaran paten, kemudian Apple mengajukan tuntutan di pengadilan federal AS, yang menuduh Samsung telah menyalin produk mereka.

“Jika Globalfoundries cepat mengadopsi teknologi Samsung yang paling canggih dan meningkatkan hasilnya, ini juga bisa memenangkan pesanan dari Qualcomm,” ujar Song Myung Sup, analis di HI Investment & Securities Co di Seoul.

Lebih lanjut ia menambahkan, memasok chip untuk iPhone dan seri Galaxy S6 akan membantu Samsung terkait bisnis semikonduktor mereka dari kerugian tahun lalu. Kedua produsen chip, Samsung dan TSMC meningkatkan belanja modal lebih dari USD300 miliar untuk mendapatkan bisnis dari Apple dan Qualcomm.

Source :

Okezone

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p