[dropcap] I [/dropcap] nternet itu jaman sekarang udah jadi kebutuhan pokok sob. Ga beda sama makan, internet jadi hal yang wajib. Ga cuma di komputer, internet juga wajib ada di hape sob. Kita pake internet dimana aja kapan aja. Sambil makan, sambil tidur, sambil mojok (sama mantan), sambil boker, pasti sambil internetan sob.

Nah! Pernah bayangin ga sob, gimana rasanya saat lagi seru chat/browsing/main game online/streaming ikeh kimochi di hape, trus quota abis ? Di hape abis, pindah ke tablet… eeeh abis juga quotanya. Rasanya itu….. galau parah pasti sob kalo dalam kondisi kaya gini! lebih galau daripada diputusin mantan! #curcol.

Sering kejadian kaya gitu? Ga usah khawatir sob, Smartfren punya Solusinya nih. Smartfren Connex M1, si MiFi (Dibaca mai-fai, atau dikenal juga sebagai mobile WiFi atau personal hotspot atau personal WiFi atau mobile hotspot atau… ahh banyak sob) yang imut. Selain bisa jadi router, Connex M1 juga bisa jadi storage dan powerbank lho sob, keren khan? Kaya apa sih si kecil ini? yuk kita bahas sob

Paket Penjualan

Paket penjualannya sendiri berisi :
  • Unit Mini Router /MiFi
  • Kabel Data
  • Kepala Charger
  • Sticker IMEI/MEID
  • Panduan pengguna Bahasa Indonesia
  • Panduan pengguna Bahasa Inggris
  • Kartu Garansi
  • Plastik pembungkus
  • Sidik jari bekas dipegang-pegang
Paket Penjualan

Paket Penjualan

 

Desain

[dropcap] D [/dropcap] i sisi desain, ini yang saya paling suka. MiFi ini imut banget sob. Keciiiill banget, cuma segede Uli Bakar :D. Mudah dikantongin dan dibawa kemana-mana. Terdapat beberapa indikator di bagian depan. Seperti Indikator batre, EVDO, Wifi, Charging, dan SMS.
Berbahan glossy membuat MiFi ini mudah sekali meningalkan bekas sidik jari dan keringat. Memiliki bentuk membulat di beberapa bagian membuat MiFI ini enak di genggam. Dibilang berat banget ya engga sob, tapi untuk ukuran MiFi segede ini mungkin bisa dibilang sedikit berat. Toh ini MiFi sob, bukan Liontin kalung, apalagi batu cincin, bhahahahaha.
Dibagian atas terdapat tombol Power, Charging, reset dan slot MicroUSB. Di bagian samping hanya terdapat lubang USB. Sekedar informasi sob, MiFi ini diproduksi oleh pabrikan Haier.

Fitur

[dropcap] S [/dropcap] elain bertugas sebagai Mini Router dengan maksimal 6 user, MiFi ini juga punya fitur lain sob. Sebut saja kemampuan melakukan charging gadget lain, atau bisa disebut PowerBank. Selain itu MiFi ini juga bisa digunakan sebagai Wireless Storage. Artinya kita bisa simpen file-file kita melalui media wifi ke MiFi ini. Adanya slot MicroSD juga bikin kita bebas buat ganti-ganti memori. Asal ga ganti-ganti pasangan aja ya sob.
Konfigurasi modem termasuk mudah (walau ga semudah melupakan kenangan masa lalu #curcolLagi). Saya mencoba melakukan konfigurasi hanya bermodalkan hape tanpa komputer. Dan sumpah sob, GAMPANG!
Untuk lakukan konfigurasi, setelah terhubung ke MiFI melalui wifi, arahkan browser sobat ke alamat http://smartfren.m1. Nanti sobat akan disuguhkan kolom login. masukkan default username admin dan default password admin.
Terdapat 3 menu utama pada konfigurasi. Quick setup untuk melakukan konfigurasi secara cepat dan mudah, Status untuk melihat status koneksi MiFi, dan WiFi disk untuk melihat status storage wifi kita.

Performa

[dropcap] Y [/dropcap] ang kita uji pertama kali adalah masalah utama, yaitu kecepatan koneksi. Perbedaaan yang cukup signifikan terjadi saat modem berada didalam dan diluar ruangan. Saat berada diluar ruangan, kecepatan koneksi MiFi ini meningkat. Hal yang paling mempengaruhi kecepat adalah kualitas sinyal ya sob. Saat sinyal bagus, kecepatan pasti maksimal. Jadi sekedar saran nih ya sob, diikutin sukur ga diikutin ya harus diikutin sob #maksa. Kalo mau sinyal bagus banget dan ga turun-turun, sobat nongkrong aja dibawah tower smarfrennya, dijamin sinyalnya TEGANG terus sob! bhahahaha.

Satu poin plus tambahan lagi untuk MiFI ini adalah, batrenya awet sob. Saya udah coba idupin dari sore sampe pagi ga abis-abis sob. Mungkin karena yang pake cuma seekor kali ya. Kalo dipake satu kecamatan mungkin cepet abis juga kayaknya sob.

Satu kekurangan yang saya temukan di MiFi ini adalah seringnya perangkat ini mati secara tiba-tiba. Ga tau kenapa waktu lagi dipake tau-tau disconnect. Saat di cek ternyata MiFI nya mati. Padahal batre masih banyak, dan ga ada indikasi tanda-tanda akan mati. Biasanya kalo menjelang ajal itu akan ada tanda-tanda seperti sesak nafas, mata melotot, kejang-kejang, galau, nangis di pojokan, ngelamun dibawah pohon pisang, dan lainnya. Tapi ini enggak lho sob! tau-tau matiiii aja gitu, sedih deh. Atau mungkin karena hal ghoib ya sob? Sebagai info aja nih ya sob, tempat saya ga ada setannya sob. Masa ada setan di rumah setan? Tapi sudahlah, nanti coba saya hubungi paranormal untuk memecahkan misteri ini.

Selain soal suka mati sendiri, kekurangan lain terdapat pada coverage wifi si MiFi ini. Karena terasa sangat sempit. Bahkan saat kita mundur 3 meter saja, sinyal wifi langsung drop 1 bar. Jadi bingung ini yang salah MiFi nya atau hape saya yang butut yah? #RahasiaIlahi. Satu saran lagi nih sob. Kalo sobat mau coba tes soal coverage MiFi ini, saya saranin jangan tes mundur sob. Soalnya kalo sobat mundur terus, itu tandanya sobat susah Move On #GaNyambung

Kesimpulan

Nah, kita sampai pada bagian akhir yaitu kesimpulan. Dibandrol dengan harga 499.000 Rupiah (udah termasuk quota 6gb), Smartfren Connex M1 menawarkan mobilitas yang tinggi. Desain yang imut dan masuk ke saku membuat Mini-Router ini mudah dibawa kemana saja. Fitur Storage dan PowerBank juga jadi kelebihan tersendiri untuk Mini-Router ini. Pilihan yang tepat untuk yang suka bepergian dan ga mau ribet. Cocok untuk dipake sendiri atau buat kado gebetan, atau buat nyogok mantan buat balikan? BODO AMAT SOB!
footer
Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p