Kabar baik buat Sobathape pengguna kartu Telkomsel! Terhitung sejak tanggal 22 Februari 2015, provider Indonesia ini telah meluncurkan sistem pembelian aplikasi android di Google Play dengan sistem potong pulsa atau carrier billing. Tentu ini kabar yang dinanti-nanti oleh kita semua yang fakir kartu kredit.

Carrier billing bekerja dengan memotong pulsa reguler yang kita punya ketika kita membeli aplikasi di Google Play. Ini adalah solusi berbelanja aplikasi yang aman dan legal buat pengguna setia gadget android, dan sekaligus praktis dan mudah. Seperti yang kita tahu, Google sebelumnya hanya menerima pembelian aplikasi dengan kartu kredit, sementara pengguna android yang memiliki kartu kredit terbatas jumlahnya. Akhirnya pembelian aplikasi jadi sesuatu yang hanya ada di angan-angan saja. Kalaupun terpaksa, akhirnya nekat beli aplikasi dg pinjam kartu kredit teman atau saudara.

Carrier billing di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh provider Indosat beberapa bulan yang lalu, kemudian Telkomsel menyusul pada bulan Februari ini. Nah.. untuk bisa berbelanja dengan pulsa telepon regulernya Telkomsel, apa yang perlu kita lakukan?

  • Pastikan menggunakan kartu Telkomsel
  • Isi pulsa regulermu agar bisa dipakai berbelanja. Harga aplikasi yang tercantum di Google Play sepertinya belum termasuk pajak dan biaya lain-lain, jadi sebaiknya mengisi pulsanya dilebihin dari harga aplikasi yang mau dibeli.

Langkah-langkah membeli aplikasi di Google Play dengan pulsa reguler :

  • Buka google play di gadgetmu
  • Tambahkan jenis pembayaran di Google Play. Buka setting, pilih account, lalu pilih “payment method”. Pilih ‘enable Telkomsel billing‘. Ikuti step yang ada dengan mengisi nomor telepon dan alaman pembayaran.

Screenshot_2015-02-22-10-09-59

  • Kembali ke google play, lalu pilih aplikasi mana yang mau dibeli.
  • Jika sudah menemukan aplikasi yang akan dibeli, tekan harganya, lalu tekan ‘beli’.

2

  • Selanjutknya akan muncul pop up verifikasi password akun google mail, isi sesua passwordmu. Kemudian tekan ‘confirm’.
  • Jika pembelian berhasil, akan muncul popup notifikasi yang megabarkan kalau pembelian berhasil. Kamu juga akan mendapatkan SMS dari provider dan email dari Google yang berisi tentang pembelian aplikasi yang baru saja kamu lakukan.

4

  • Kalau pulsamu tidak mencukupi, maka pembelianmu akan gagal Sob, dan akan dapat notifikasi seperti ini.

Screenshot_2015-02-22-10-15-23

Nah.. mudah kan caranya Sob. Selamat berbelanja ya..
Hati-hati, pulsa bocor :p

Indahnya Berbagi...
Penyuka sambel yang belakangan ngga bisa makan sambel.