Halo Sob, apa kabar?

Ada kabar bagus buat kita, Sobathape kali ini memperkenalkan kolom baru di website kita tercinta ini, yaitu mobile photography yang akan sharing tentang fotografi. Ya.. tentu saja fotografi dengan menggunakan gadget kesayangan kita. Sobathape akan  berbagi info, tips dan trik gimana cara maksimalin kamera handphone sehingga kita bisa bikin foto keren dengan modal kamera handphone yang kita punya.

Di artikel perdana ini, kita akan ngebahas tentang selfie, yak… foto diri. Di dunia media sosial, selfie belakangan ini lagi naik daun ya. Dimanapun kita bisa lihat orang-orang berfoto diri dan memposting foto selfie mereka, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, tanpa memandang jenis kelamin, profesi ataupun jenis handphone yang mereka pakai. Tapi kira-kira selfie itu apa sih Sob?

Istilah selfie itu sebenarnya nggak sekedar bahasa gaul lho Sob, tapi sudah jadi kosakata baru yang mendunia. Kamus berbahasa Inggris Oxford  bilang kalau selfie itu foto yang diambil oleh seseorang itu sendiri tanpa bantuan orang lain. Biasanya selfie diambil dengan kamera gadget, webcam, dan kamera profeseonal lalu hasil fotonya diunggah di media sosial. Awalnya selfie diunggah ke media sosial buat jadi pajangan profile picture, namun belakangan ini penggunaan selfie sudah jadi semacam trend untuk sarana eksistensi diri alias ngeksis dan bisa jadi kanal penyaluran hobi fotografi dengan berbagai ide kreatifnya. Selfie itu cara paling mudah untuk merekam ekspresi kita sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan cara paling ampuh buat dapetin foto diri kalau ngga ada orang yang bisa dimintain tolong untuk motoin kita.

Ada banyak banget macam-macam foto diri alias selfie yang seliweran di timeline socmed. Mulai dari selfie paling standar-foto muka, selfie rombongan sama teman-teman pas maksi, selfie dengan pemandangan tempat wisata, selfie bareng binatang atau pacar piaraan #eh, sampai selfie yang diisi sama ide-ide kreatif yang segar. Ngga ada patokan dan aturan khusus soal berselfie yang bagus itu yang seperti apa sob, jadi kita bebas bikin selfie model apapun deh. Tapi sayang kan kalau kita punya foto diri standar melulu, sementara kekerenan kita bisa nambah 30% kalau kita mau usaha dikit.

 

Ganteng maksimal, plus teknik unik yang asik. (photo by IrwanCihuy)

Ganteng maksimal, plus teknik unik yang asik. (photo by IrwanCihuy)

 

Lalu gimana kira-kira usaha kita buat bikin selfie kita menarik untuk dilihat, ngga bosenin kalau diposting, dan tentunya lain dari selfie kebanyakan? Ada banyak cara dan tips yang bisa kita praktekin, tapi secara umum dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu mengatur diri, kamera, lalu lingkungan semaksimal mungkin.

Umumnya kita ingin mengabadikan diri dengan pose dan penampilan terbaik, so ketika berfoto diri pun tak ada salahnya kita mempersiapkan diri agar hasilnya maksimal. Langkah awal dari berselfie adalah mastiin keadaan kalian sudak oke, semisal baju atau properti yang dipakai. Cari angle terbaik dari sudut mana kalian terlihat keren maksimal, dan jangan lupa siapkan ekspresi dirimu semenarik mungkin. Selfie itu bukan facefie ya Sob, jadi ngga musti wajah melulu yang difoto. Bisa bagian dari kita yang bisa mewakili keberadaan kita, misalnya bayangan, kaki, tangan dan lain-lain.

 

mtf_wEXcH_102

Naik becak malam-malam cari sego kucing

 

Yang perlu disiapin selanjutnya adalah peralatan perangnya, hp berkamera. Pastikan kamera sudah disetting pada resolusi terbesar untuk dapetin hasil terbaik. Kebanyakan kamera handphone di bagian belakang memiliki resolusi lebih besar dibandingkan kamera depan, itulah mengapa disarankan berselfie dengan kamera belakang. Tapi harus sering latihan ya Sob, biar kita tetep berada di dalam frame. Beberapa handphone terkini udah dilengkapi kamera depan beresolusi besar, nah.. kalau ini ngga apa-apa Sob, malah mempermudah kita berselfie karena kita bisa gunain display hp sekaligus buat kontrol angle. Selain handphone berkamera, ada beberapa asesoris yang bisa kita gunain ketika berselfie. Fisheye lens atau lensa mata ikan, selfie stick alias tongkat narsis, bluetooth remote atau tripod adalah beberapa asesoris yang bisa kalian manfaatin biar acara selfie makin asik.

 

IMAG009

Aktivitas sehari-hari bisa jadi bahan selfie, dengan tambahan kreativitas.

 

Penampilah check, kamera check, what next? Amati tempat kalian berselfie Sob. Pastikan kalian berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang optimal jadi salah satu modal kita menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus. Manfaatin elemen disekitarmu yang bisa dijadiin latar belakang atau dijadiin pelengkap fotomu. Masukkan ciri khas suatu tempat atau benda-benda yang menarik ke dalam fotomu. So.. jangan lupa isi foto selfiemu dengan latar belakang lingkungan tempatmu berselfie, apalagi kalau lagi liburan atau berada di tempat yang keren. Sayang kan kalau liburan jauh-jauh ke Menara Eifel, tapi selfienya muka doang. Ngga kelihatan kan kalau ngambil fotonya di Paris sana.

IMAG1737

Space latar belakang yang luas otomatis ngasih tahu dimana foto dirimu diambil.

 

Ada satu hal lagi yang ngga kalah penting Sob, ide dan kreativitas. Bikin foto dirimu kerasa berbeda dari selfie dengan nambahin ide orisinil dan kreativitasmu berselfie, dan itu tanpa batas. Misalnya kita bisa bermain refleksi di kaca, cermin atau benda yang bisa mantulin diri kita, bermain bayangan diri, manfaatin gerakan latar belakang atau kamera, dan masih banyak lagi kreativitas lainnya. Refleksi jadi pilihan banyak orang untuk berselfie, dan teknik ini kadang ngasih hasil yang asyik lho Sob.

Naah.. tunggu apa lagi? Angkat hapemu dan selamat berselfie Sob…

 

mtf_wEXcH_982.jpg

Bermain refleksi di kaca peron tiket kereta api

IMAG0547 bw

Kaca itu semacam sohib yang siap bantuin kita berselfie

1305854513982

Kalau nasib lagi mujur, bisa selfie bareng artis :p

Wefie? why not...

Wefie? why not…

Indahnya Berbagi...
Penyuka sambel yang belakangan ngga bisa makan sambel.