Kalo inget jaman dulu nih, jaman yang semua serba susah. Mau kontak gebetan aja kudu ngantri sob di WARTEL (Warung Telfon). Udah gitu yang di tungguin ga taunya nelpon pacarnya berjam-jam. Udah nungguin 2 jam ga taunya WARTEL-nya tutup sob. Sakitnya tuh disini… #NunjukDada .

Beda banget sama jaman sekarang. Semua serba gampang, bisa lewat HAPE. Kapan aja dimana aja. Bisa telpon, sms, bahkan chat.

Nah beberapa waktu lalu booming tuh aplikasi chat punya Blackberry, yaitu Blackberry Messenger. Pokoknya kalo ga pake BBM ga gaul dah. Apalagi dulu yang bisa BBM cuma HP Blackberry sob. Selain Blackberry manyun dah :D.

Untungnya, sekarang BBM multiplatform sob. Ga cuma di Blackberry, tapi merambah ke Android, iOS, Windows Phone.

Tapi ga sedikit pengguna BBM yang curhat soal si BBM ini. Kekurangan-kekurang dari BBM yang mereka keluhkan seperti Bikin Boros Batre, Boros Data, Boros Memori, Boros Muka dll.

Ga usah khawatir sob, banyak aplikasi Chat Multiplatform yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti BBM. Tentunya dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Mau tau? Yuk kita bahas atu-atu ….

 

whatsapp

WhatsApp

Ini aplikasi yang ga kalah keren dari BBM sob. Selain simple, dan ringan, WhatsApp ga perlu pake PIN buat nambah temen. Cukup masukin aja nomer HP temen ke kontak. Kalo temen yang kalian masukin pake WhatsApp juga, maka otomatis akan masuk ke dalam kontak. Trus WhatsApp juga gratis sob (Tahun pertama).

WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger
Developer: WhatsApp Inc.
Price: Free

WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger
Developer: WhatsApp Inc.
Price: Free

 

wechat

WeChat

WeChat ini layanan komunikasi pesan suara dan teks ponsel yang dikembangkan sama Tencent di Cina sob. Ini juga multiplatform.

Sama seperti WhatsApp, aplikasi ini akan otomatis singkorin kontak kamu. Jadi otomatis nongolin kontak yang udah pake WeChat juga.

Selain fitur chat, WeChat juga punya fitur “Moment”. Semacam Wall nya Facebook sob.

WeChat
WeChat
Developer: WeChat
Price: Free+

WeChat
WeChat
Developer: WeChat
Price: Free+

 

line

LINE

Kalo WeChat dari china, beda lagi sama LINE sob. LINE ini berasal dari negeri sakura alias Jepang yang dikembangin oleh Naver. Selain menggunakan kontak ponsel sebagai kontaknya, LINE juga bisa add teman berdasarkan ID. Kalo di BBM kamu punya Pin, di LINE kamu punya ID. Kelebihan LINE dibandingkan aplikasi lain adalah adanya Voice Call sob. Kaya Skype gitu.

Selain itu juga LINE punya GAME yang BEJIBUN sob! Kaya Line Ranger, Line Cookie Run dan yang lagi populer sekarang itu Line Get Rich sob.

Satu lagi fitur unik yang ada di line adalah STICKER. Kalo bosen sama emoticon standar, cobain LINE sob. Stickernya lucu-lucu dan ber-animasi. Jadi ga ngebosenin.

LINE: Free Calls & Messages
LINE: Free Calls & Messages

LINE
LINE
Developer: LINE Corporation
Price: Free+

 

kakaotalk

KakaoTalk

Kalo China punya WeChat, jepang punya LINE, maka Korea Selatan punya KakaoTalk. Ya, aplikasi ini dikembangkan oleh DAUM dari Korea Selatan. Aplikasi yang identing dengan warna KUNING (Cocok nih sob buat yang suka kuning :p) ini juga ga kalah keren sob.

Sebut aja fitur Group Call yang memungkinkan kita nelpon 3-5 temen secara bersamaan. Solusi kalo group chat udah terlalu mainstream sob, hehe.

KakaoTalk: Free Calls & Text
KakaoTalk: Free Calls & Text

KakaoTalk Messenger
KakaoTalk Messenger
Developer: Kakao Corp.
Price: Free+

 

telegram

Telegram

Nah yang terakhir ini sob, Telegram. Banyak yang bilang kalo Telegram ini aplikasi alternatif terbaik pengganti WhatsApp. Kenapa? Karena menurut aye emang WhatsApp sama telegram ini 11-12 sob :D.

Ga sedikit lho sob yang beralih ke aplikasi ini. Terutama saat Facebook meng-akuisisi WhatsApp. Para pengguna WhatsApp banyak yang “ilfeel” dan selingkuh ke aplikasi ini. Secara fiturnya nyaaariiss sama.

Telegram ini booming gara-gara dulu WhatsApp pada tanggal 23 Februari 2014 MODAR dan ga bisa di pake selama 4 Jam. Padahal nih perusahaan baru aja dibeli sama Facebook. Nah gara-gara kejaian inilah, banyak yang beralih ke Telegram.

Telegram
Telegram
Price: Free

Telegram Messenger
Telegram Messenger
Developer: Telegram LLC
Price: Free

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p