“Ajang konferensi Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat, yang berlangsung pada Rabu (25/6/2015), digunakan oleh raksasa internet Google untuk mengumumkan inisiatif Android One.” – Kompas

Lalu muncul pertanyaan, Apa itu Android One?

Android One adalah program penyediaan platform smartphone berharga murah untuk dipasarkan di negara-negara berkembang. Google akan membuat referensi desain alias model smartphone acuan. Model smartphone ini lantas bisa diambil untuk diproduksi oleh para pabrikan rekanan Google.

Menurut Google, smartphone Android yang dihasilkan melalui program ini seharusnya bakal dibanderol relatif terjangkau.

Ponsel Android One menggunakan sistem operasi Android versi stock dari Google, tetapi produsen OEM dan mitra operator bisa menambahkan aplikasi mereka sendiri.

Proses update software bisa dilakukan secara otomatis, seperti pada ponsel Android lainnya.

Program Android One pertama-tama akan mulai dijalankan di India sekitar kuartal ketiga 2014, di mana para rekanan Google di negara itu, seperti Karbonn, Cromax, dan Spice bakal ikut memproduksi ponsel Android One.

Google turut menunjukkan contoh sebuah unit smartphone Android One besutan Micromax yang dibekali layar 4,5 inci, FM Radio, dual-SIM, dan slot SD card. Ponsel pintar ini dihargai kurang dari 100 dollar AS.

Nah untuk Indonesia sendiri nih sob, sudah 3 Produsen yang ditunjuk Google untuk memproduksi Android Ane. Mereka adalah Mito, Evercoss, Nexian. Harganyapun sangat terjangkau sob. Mulai dari 700 ribu sampe 1 juta lebih dikit. Mereka adalah Mito Impact, Nexian Journey One, dan Evercoss One X. Spesifikasi ketiga ponsel tersebut nyaris sama karena mengikuti standar yang diajukan oleh google. (Kecuali Evercoss One X yang punya kamera belakang 8 megapixel)

Android One di Indonesia

 

Layar ukuran FWVGA 4,5 inci, dapur pacu berupa prosesor quad-core 1,3 GHz dan RAM 1GB, kemudian kamera depan 2 megapiksel serta kamera utama 5 megapiksel. Yang lebih kerennya sob, Android One menggunakan sistem operasi dari Google, yaitu Android Lolipop. Dan Google juga dah ngejamin bahwa Android One akan tetap dapet update sampe beberapa tahun kedepan. Kaya Nexus gitu lho sob.

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p