Jaman sekarang nih, banyak banget jenis HP dari berbagai merek. Mulai dari yang seharga 100rebu sampe jutaan, siap dipilih. Nah sayangnya banyak sekali calon konsumen kurang paham saat mau beli HP. Alhasil doi asal beli dan bisa ditebak, ga sedikit yang berujung penyesalan *kaya mutusin mantan*.

Nih gue kasih beberapa tips sebelum kalian beli HP. Semoga berguna! *kalo ga berguna, usahakan supaya berguna! #maksa*

1. TENTUKAN BUDGET!

Nah ini yang paling penting, tentukan batas DUIT yang mau kalian keluarkan untuk membeli sebuah HP. Jadi setelah kita tentukan budget, kita bisa membuat beberapa opsi dengan BUDGET yang sudah kita tentukan dengan catatan tidak lebih dari BUDGET yang kita miliki. Jadi kalo ada yang nanya “HP yang bagus apaan sih?”, gue akan jawab “BUANYAK, masalahnya lu punya duitnya kagak? :p”

2. TENTUKAN TUJUAN BELI HP

Sebelum beli, sebaiknya lu harus tau, lu beli HP buat apaan? Buat nelpon dan sms doang-kah? buat main game kah? buat update status doang-kah? atau buat foto2/selpi? Karena kalo lu udah tau tujuan lu beli HP, pilihan HP nya akan semakin sedikit, jadi akan semakin mudah.

3. CERMAT MEMILIH HP

Banyak faktor yang menentukan baik tidaknya sebuah HP. Mulai dari desain, build quality, hardware, ketahanan baterai, dan harga. Tapi faktor tersebut semakin mudah atasi karena kita sudah menentukan batasan BUDGET dari HP tersebut. CONTOH KASUS!

Lu punya duit 2.5 juta. Dengan range harga tersebut, pilihannya ada di 3 HP. Ada HP A dan HP B. Harganya beda2 dikit. HP A Processornya Core-nya ada 32 misal (ga tau dah apa sebutannya buat processor ber-core 32, wkwkwk) tapi batrenya kecil. Sedangkan HP B cuma 8 Core processornya, tapi batrenya badak. Cara menentukannya, jika lu gila main game, artinya butuh performa hardware yang CADAS, silahkan pilih HP A. Tapi kalo lu jarang main game lebih banyak pake HP buat update status twitter tiap menit? pilih HP B. Karena diatas kertas HP B lebih awet batrenya daripada HP A. Ga mau khan lu jadi FAKIR CHARGER?

 

4. CERMAT MEMILIH TOKO / PENJUAL

Sekarang khan banyak tuh toko-toko HP bertebaran dimana, ada yang secara fisik, ada yang online. Tapi belum tentu kualitas HP nya sama. Apalagi sekarang maraknya barang-barang gelap atau kerennya disebut barang BM. Dan barang BM ini ada 2 jenis. Pertama barang selundupan, artinya nih barang masuk ke Indonesia tanpa pajak, makannya harganya suka lebih miring dari yang jual *eeeehhh*. Kedua BM Rakitan. Nah ini yang harus dihindari, jadi berhati-hatilah. Yang pasti jangan pernah sekalipun tergiur sama harga miring, karena biasanya suka kecewa dengan kualitas produk yang kita beli. Seperti pepatah bilang “Ada harga ada kualitas”. Usahakan beli di toko / retail besar yang terjamin keaslian barangnya seperti OKE Shop, Global Teleshop, WELCOMM, dll. Atau bisa juga beli di toko online terpercaya seperti Bhinneka, Lazada, Dinomarket, Blibli, dll.

5. FANBOY? SILAHKAN TUTUP HALAMAN INI

Kenapa gue bilang gitu? Karena, buat seorang FANBOY, MERK ADALAH SEGALANYA. Biar kata HP nya JUTAAN tapi spesifikasinya setara sama HP harga ratusan ribu, pasti tetap akan dibeli. wkwkwkkw.

Itu tips gue buat lu yang bingung buat milih HP / Smartphone. Buat yang bingung memilih, bisa dijadikan acuan untuk membeli. Tapi jika bingung ga punya duit buat beli HP? Silahkan minta sama Tuhan. Sukur-sukur jatoh dari langit tuh HP :p

Indahnya Berbagi...
Anaknya pak bambang dan bu neneng. Gadget freak yang tidak sombong rajin menabung suka menolong dan hobi berkebun serta bercocok tanam. Pecinta badminton yang ga pernah kurus. Gitaris yang ga pernah bikin album. Biar kata gendut tapi lincah. Suwer!! :p